Saturday, November 17, 2012

SISTEM PENDINGIN MOBIL

SISTEM PENDINGIN MOBIL



Fungsi: menjaga kestabilan suhu kerja mesin pd titik optimal (efisien) 80o-90o C
Jenis Pendingin
  1. Pendinginan langsung
Cth:
- Menggnakan udara (cirri khusus ada sirip sirip)
- Menggunakan zat cair
  1. Pendinginan Tidak Langsung
Cth:
- Sistim pelumas
- Material Blok Mesin

Sistim kerja Pendingin
  1. saat mesin dingin: pompa – waterjaket – thermostat – pompa
  2. saat mesin panas: pompa – waterjaket – thermostat – radiator bagian atas – radiaror bagian bawah – pompa
  3. saat mesin kurang air pendingn: pompa – waterjaket – thermostat – radiator bagian atas – kefakuman dan menghisap air dari reserfoir – radiator bagian bawah – pompa
  4. saat mesin kelebihan air pendingin: pompa – waterjaket – thermostat – radiator bagian atas – terjadi tekanan shg mengeluarkan air ke reserfoir – radiator bagian bawah – pompa
Bagian Bagian SIstim Pendingin
  1. Tutup Radiator
Fungsi: menutup dan mengatur sirkulasi air pendingin
  1. Tabung reserfoir
fungsi: menampung cadangan air pendingin
  1. Radiator
Fungsi: mendinginkan air pendingin / menyerap panas dr air pendingin
  1. Pipa Radiator
Fungsi: untuk menyalurkan air pendingin dari mesin ke radiator
Syarat:
- Fleksibel
- Kuat
- Tahan panas
- Terbuat dr karet sintetis dg anyaman nilon
  1. Van / Kipas
Fungsi: mengarahkan sirkilasi udara pendingin

Ada dua macam:
- Elektrik: digerakkan dg motor listrik
- Mekanis: digerakkan dg fan belt
  1. Thermostat
Fungsi: membuka dan menutup aliran air pendingin dari mesin ke radiator
Dg suhu: 80o-90o C
  1. Pompa / Water Pump
Fungsi: memompa air pendingin dari radiator ke seluruh bagian system pendingin dg digerakkan oleh mesin
  1. Fan Belt
Fungsi: menghubungkan putaran mesin ke pompa dan kipas. Terbuat dr karet sintetis dg serat nilon
  1. Kran Penguras
Fungsi: untuk menguras cairan pendingin radiator
Air Air untuk Mengisi Radiator
- Radiator Collen
- Air Suling
- Air Sumur

No comments: